Kamis, 14 Mei 2009

Russel Ranger 150


Russel Ranger 150, Aplifier Gitar Head Cabinet yg futuristik.

Sekarang merk Russel sudah mulai diperhitungkan di bisnis penyedia sound system. Merupakan kebanggaan juga produk ini merupakan hasil karya anak bangsa. Kini, Russel mengeluarkan produk terbaru lagi, yaitu Russel Ranger 150. Dengan desain tampak depan yg memilih penggunaan material logam. Ditambah lagi dengan VU Meter-nya yg membuat ampli ini terkesan detail. Ranger 150 terkesan kokoh, tegar dan powerfull. Menyediakan 2 channel dengan EQ-nya yg independen, ampli ini diklaim mampu menyediakan sound gitar yg pas.

Sisi khas yg lainnya adalah diletakkannya berbagai terminal konektor pada panel depannya. Seperti colokan utk efek loop (send & return), juga colokan utk footswitchnya. Dari satu ini, ampli ini memberikan inovasi yg akan memudahkan para gitaris dalam melakukan interkoneksi pedalboard ataupun multiefek ke ampli ini.

Sound

Langsung saja pada pengetesan. Masuk ke channel Clean, dengan prosedur standard, ampli ini dicoba dengan memainkan semua EQ (Equalizer) di posisi pukul 12 atau flat, channel Clean-nya sudah bisa dibilang keren, cederung tebal dengan respon treble yg relatif cukup. Begitu juga dengan respon bass-nya. Menambahkan sedikit reverb, sudah memberikan sound Clean yg baik. Lanjut ke channel Drive/Distortion, ternyata Russel Ranger 150 memiliki sound distortion yg sangat khas. Sepertinya ampli ini bukan berkiblat ke sound british hi gain, melainkan lebih mengarah ke karakter distortion seperti modern hi gain. Repons midrange yg cenderung nge-growl dengan respons bass yg tidak terlalu deep. Respons treble-nya juga cenderung berkiblat ke karakter rectified. Untuk Gain, channel Drive ini juga terdengar cukup besar. Hanya saja, besarnya kadar gain yg disediakan Russel pada Ranger 150 ini juga kadang-kadang diikuti dengan hadirnya noise. Namun selama tidak memutar knob Gain hingga mentok, noise Ranger 150 ini masih dalam kategori wajar dan aman. Berbagai warna musik pun bisa dimainkan dengan ampli ini. Dengan hanya berbekal sebuah pedal digital delay yg di-insert pada efek loop-nya dan sebuah booster di front end-nya, maka Ranger 150 ini akan menjadi teman sempurna Anda. Juga ampli ini mampu menyemburkan kerasnya suara (SPL) jauh lebih besar daripada yg kita bayangkan.

Kesimpulan

Dengan penampilan yg unik, futuristik yg cool, dengan karakter sound-nya yg khas dan dengan penempatan efek loop di panel depan serta masih menambahkan terminal preamp out dan main in di panel belakang, Ranger 150 ini akan menjadi amplifier head cabinet yg lengkap dan bisa dimainkan utk berbagai jenis warna musik. Sebagai informasi juga, harga barunya pun cukup kompetitif/terjangkau utk ukuran kualitas lokal yg tidak kalah dengan merk luar, yaitu sekitar Rp. 2,5 - Rp. 3,5 juta-an.

So, berminatkah Anda dengan produk Dalam Negeri ini ???

Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar: