Selasa, 19 Mei 2009

Caparison TAT II Frozen Sky

Gitar listrik Istimewa buatan Jepang.

Secara historis, Caparison memang sebuah merk baru untuk produk-produk gitar listrik khususnya. Namun sudah jelas bisa dikatakan merk tersebut telah meraih sukses menjadi salah satu gitar dengan merk kelas atas yg bisa disejajarkan dengan merk lainnnya seperti Ibanez, Fender ataupun Gibson.

Caparison Guitar Company dimulai pd tahun '95 oleh desainer Jackson/Charvel dari Jepang yg bernama Itaru Kanno, dan berbasis di kota Tokyo. Karena semakin berkembang, barulah gitar ini masuk ke Indonesia yg selanjutnya menjadi salah satu distributor resmi utk gitar mewah berkelas ini. Beberapa tipe yg terkenal diantaranya adalah model Mattias "IA" Eklundh, Delinger II dan TAT II. Kami sengaja meneliti gitar yg model TAT II sebagai perbandingan dari gitar-gitar lainnya. Pertama, dari penampilan/body, gitar ini sangat-sangat ramping, seksi dan terkesan kokoh. Masuk kepada tahap pengetesan. Dengan desain neck thru dan konstruksi yg sangat baik, gitar ini mampu memberikan resonansi yg baik disamping sustain yg bagus.

Spesifikasi singkat :

- Neck Joint : Neck Through Body
- Headstock : Devil's tail with "Through and through" logo/White Binding
- Head Angle : 15 degrees
- Tuner : Gotoh SG381-07 H.A.P
- Neck : Hard Maple
- Neck Grip : Caparison
- Fingerboard : Ebony
- Neck Scale : 25 1/2 inch
- Nut width : 42 mm
- Fret : 24 frets, Jumbo
- Nut : Schaller R2, 42 mm
- Inlay : Clock
- Body : Alder
- Bridge : Schaller S-FRT II
- Pick Up : Caparison PH-F, (neck) : Caparison PH-R
- Kontrol : Master, Volume (CTS), 3 Way Toggle Switch, Master Tone Split
- String : Dean Markley
- Harga : Rp. 34.900.000,-

Sound

Dengan pickup sendiri yg double hambucker, ternyata didapat sound yg berbeda. Sangat berbeda, sehingga cenderung sulit menggambarkannya secara sempurna hanya dengan keterbatasan kata-kata. Namun intinya adalah, sound PAF yg open, dengan keseimbangan tone yg sangat baik, string definition yg cukup detail dan output yg menurut kami cenderung ke Medium hingga Hi Output. Karakter sound ini memang cocok dengan warna musik apapun. Dari mulai rhytem powerfull berkecepatan tinggi seperti yg dimainkan oleh gitaris-gitaris Metal, Hard Core hingga warna musik blues.

Kesimpulan

Jelas saja gitar ini disejajarkan oleh gitar-gitar mahal/mewah sekelas Fender atau Gibson karena memiliki sound yg kuat dan khas. Disamping bentuk headstock dan body yg begitu unik dan terkesan kokoh, sangat cocok dimainkan oleh gitaris-gitaris rock atau hard rock. Disamping juga playability dan konstruksi yg sempurna. Kini tinggal terserah kemauan Andan dalam memutuskan apakah gitar ini cocok dengan karakter bermusik Anda. Namun saat ini untuk harga, sebagai informasi, gitar ini dibandrol dengan harga Rp. 30 juta-an, sebanding dengan kualitas sound dan playability yg didapatkan.

So, berminatkah Anda mencoba gitar Istimewa ini ???

Semoga bermanfaat

(sumber : Audio Pro)

Tidak ada komentar: