Sabtu, 18 April 2009

Efek Loop, seri atau paralel....

Saat ini, perkembangan teknologi efek sebagai suatu alat penunjang bagi para gitaris utk menciptakan sound gitar yg sesuai keinginan sudah sangat berkembang pesat. Dari mulai, yg sudah tergabung pd ampli sampai bahkan yg model rack. Permasalahannya adalah, Bagaimana cara yg baik utk menyambungkan efek2 itu ke unit amplifier kita ?
Sekarang, kebanyakan amplifier gitar sudah menyediakan fasilitas efek loop. Efek loop inilah yg nantinya akan membuat si efek gitar kita itu bisa menjadi bagian dari ampli gitar kita. Efek Loop ini dlm berbagai amplifier bisa saja diterangkan dengan nama berbeda. Ada yg menyebutnya dengan Send Return. Ada juga yg Preamp Out/Power Amp In. Namun yg jelas, maksud keduanya sama. Meski ada juga yg menyertakan kedua fasilitas tersebut dalam sebuah ampli sekaligus. Biasanya pada ampli mewah dengan segala fitur2-nya. Pertanyaannya, Apa bedanya bila sebuah ampli menyertakan kedua fasilitas itu ? Diantaranya adalah :

Send Return

Umumnya hanya mengirim sinyal dari preamp dan masuk ke section preamp lagi. Biasanya ada juga yg menyertakan knob pengaturan efek sinyal atau tombol +4 dB. Yg nantinya akan berfungsi utk mengembalikan atau membuat impedansi menjadi match antara sinyal yg dikirim keluar dari preamp dan sinyal yg diterima dari unit efek eksternal. Hal ini juga yg berlaku pd unit-unit preamp rack (analog/digital)

Preamp Out/Power Amp In

Hal ini cenderung berbeda dengan yg diatas. Karena ini berarti sinyal dari preamp, langsung dikirim keluar, tanpa dikirim masuk lagi ke unit preamp yg sama. Dan, out dari efek eksternal, langsung diumpan ke section power amplifier. Sedangkan utk mengatur impedansi-nya, maka itu hanya bisa dilakukan bila eksternal efeknya menyediakan control utk level output-nya. Cara seperti inilah yg berlaku pd unit2 preamp rack (analog/digital).

Seri

Adalah dimana sinyal dari section preamp, dikirim "seluruhnya" ke unit efek. Sehingga utk mengatur kadar DRY dan WET, harus dilakukan via unit efek itu sendiri. Contoh kasus, bila kita menggunakan DIGITAL REVERB, maka pd efek loop yg seri (serial effect loop), pengaturan Mix pd Digital Delay biasanya harus 50% atau kurang dari 50%. Kalau kita memutar hingga 100%, maka yg terdengar hanya bunyi perlambatan dari Digital Delay tsb saja. Tanpa sinyal DRY sama sekali.

Paralel

Adalah dimana sinyal dari section preamp, dikirim "setengahnya" ke unit efek. Sehingga utk mengatur kadar DRY dan WET, harus dilakukan via amplifier, bukan via efek. Sedangkan efek Mix, harus di-set 100%. Pada amplifier yg menyediakan efek loop paralel, biasanya juga menyediakan knob buat mengatur efek level pd panel kontrolnya. Pada kebanyakan amplifier, hanya memilih menyediakan salah satunya saja. Apakah Serial Effect Loop atau Paralel Effect Loop ? Namun, ada juga yg menyediakan semua fasilitas ini sekaligus. Dan bersiaplah, ampli seperti ini tidak akan murah.

So, Semoga bermanfaat.

(sumber : Audio Pro)



Tidak ada komentar: