Sabtu, 18 April 2009

IBANEZ RG420EG

Ibanez RG420EG, kali ini melakukan pembaruan pada desain permukaan body-nya saja. Dengan finishing seperti permukaan kulit jeruk, seperti pahatan pada permukaan body-nya.

Spec singkat :
- Tipe neck : 3 pc Wizard II Neck
- Body : Basswood
- Neck : Maple
- Fretboard : Rosewood
- Bridge : Edge III
- Pickup : V7 (H) Neck, V8 (H) Bridge
- Hardware : hitam
- Nut : 43 mm
- Scale : 25.5"
- Tebal neck : Fret 1 (19 mm), fret 12 (21 mm)
- Radius : 400 mm


Playability

Playability gitar Ibanez GR420EG sebenarnya cukup baik. Ketebalan neck yg relatif tipis, namun dengan desain kecembungan yg khas, membuat tangan kanan kita tak merasakan ada sesuatu yg berbeda. Khususnya, bagi gitaris yg terbiasa memainkan neck yg tebal dari gitar-gitar vintage. Fretboardnya juga bagus dengan fret job yg cukup baik. Hanya saja, kalau ukuran fret-nya lebih besar, maka akan lebih mudah memainkan notasi2 lead yg ekstrem. Namun, utk urusan kecepatan bermain, gitar ini sangat cocok. Terutama bagi anda yg tipe permainan gitarnya shredder.

Sound

Dengan menggunakan ampli ENGL Powerball, sound yg dihasilkan cukup "sangar" dengan sumbangan pickup V7 dan V8. Respons midrange-nya warm, bass-nya solid. Namun utk treblenya ada sedikit perbedaan karakter suara dari model orisinilnya. Yg model kover ini cenderung lebih smooth atau lembut. Pickup jelas bisa dibilang bagus. Lebih bulat, namun tetap bisa glassy ketika dimainkan dengan mild distortion. Utk sound clean-nya, karakternya adalah yg fat clean.

Kesimpulan

Menurut survey, Gitar ini diklaim sebagai salah satu gitar dengan playability terbaik di dunia. Tren yg berlaku, juga turut menginspirasi Ibanez utk memberikan kosmetik sepadan pada seri RG ini. Dan tentunya, seperti pada umumnya, masih tetap saja bahwa Ibanez RG420EG tetap menjadi pilihan terbaik bagi gitaris yg berada di jalur rock atau bahkan yg lebih hard lagi.

So, Mau coba kedahsyatan gitar ini ? Tentunya, hal pertama yg harus dilakukan adalah...

Beli dulu...! (hehe..jadi marketing nih...)

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: