Senin, 04 Mei 2009

Cek Berkala Oli Kendaraan/Motor Anda..!!!!

Cek Berkala Oli Kendaraan Anda..!!!!

Kalimat diatas menjadi sangat berarti buat saya karena beberapa hari yang lalu saya baru saja menjalani Servis Berat/Turun Mesin pada motor saya. Benar-benar pelajaran yg berharga buat saya.

Ceritanya begini, memang sudah 1 minggu terakhir ini saya rasakan suara mesin motor saya seperti makin berteriak keras. Namun tetap saja saya tidak memperhatikan. Nah, akhirnya, pada suatu ketika dalam perjalanan dari kantor ke rumah (Bogor-Jakarta) tiba-tiba suara mesin motor saya menjadi sangat keras, seperti mesin steam motor. Tapi tarikan tetap dan tidak ada asap hitam keluar dari knalpot. Besoknya segera saya bawa ke Bengkel Resmi. Sedihnya, sang mekanik bilang, "...Wah Pak, motor bapak harus dibongkar mesinnya, alias turun mesin. Sepertinya onderdil dalem mesin sudah ada yg kena. Kalo nggak turun mesin, saya khawatir mesin motor bapak jadi macet alias gak bisa jalan. Itu akan lebih repot. Cuma itu cara memperbaiki suara mesin motor bapak aga halus lagi. Ini udah lumayan parah Pak...!!!..." Sontak saja saya langsung menekan dada. Dalam hati, "....Ya Ampun kok jadi begini...". Akhirnya saya bilang, "...Yaudah Pak, mau diapain lagi, Bongkar aja...!..".

Biaya, jelas, saya sudah menghabiskan sekitar Rp. 1,2 juta-an. (lemes dah...). Tapi dalam hati, "....Walapun begini, saya dapet palajaran plus Kondisi Motor mejadi lebih Prima tentunya....". Mekanik mengatakan, "....Bapak sering telat ganti oli ya..???" Saya jawab, "..Ya". Nah, itulah Sebab Utamanya kenapa motor bapak jadi begini.

So, temen-temen saya mau berbagi tips agar motor Anda lebih lama umurnya alias Lebih Terawat. Yaitu :

1. Cek berkala Oli Motor Anda

Kenapa, karena faktor penguapan tidak pernah lepas dari Oli. Apapun atau Sebagus apapun Oli, penguapan pasti terjadi yg berimbas semakin berkurangnya oli di-mesin. Karena juga mesin membutuhkan oli sekitar 0,6 -0,9 liter untuk ukuran motor bebek 125cc. Artinya, patuhi aturan penggunaan Oli. Kalau lebih atau kurang, segera tambah atau kurangi. Bila sudah hampir habis masa pakainya, ini yg penting, SEGERA GANTI. Karena bila tidak, ini yg menyebabkan mesin motor anda menjadi seperti mesin steam motor (suara kasar) dan lagi dapat merusak onderdil dalam mesin.

2. Tarik gas sesuai RPM pada setiap perpindahan gigi.

Artinya, setiap gigi (percepatan) memiliki maximal dan minimal RPM/tarikan mesin/torsi. Contoh : gigi -1 pada motor bebek 125cc memiliki maximal RPM pada kecepatan 40km/jam. Artinya, bila Anda tidak boleh memaksa diatas maximal RPM tersebut. Bila sudah hampir melebihi RPM itu, Anda harus pidah ke gigi -2. Jadi sangat penting mematuhi RPM. Karena akan merawat klep pada mesin motot anda. Coba anda bayangkan seperti apa suara mesin motor anda bila saat motor baru dinyalakan anda langsung masuk ke gigi -4 ?



Tidak ada komentar: